Selasa, 31 Juli 2018

Kenapa Sepakbola Menjadi Begitu Populer ?

Sepakbola, semua orang mengenalnya. Nyaris semua pertandingan sepakbola level apapun, klub hingga negara, regional hingga dunia pasti digandrungi dan ditonton banyak orang. Sepakbola adalah magnet, sepakbola adalah industri, sepakbola adalah penyatu masyarakat.



Apa yang membuat sepakbola menjadi sangat menarik untuk ditonton ?

Secara kasat mata, sepakbola adalah perpaduan sempurna dari dua sisi ekstrim. Skill individu dan kerjasama tim, kompetisi dan sinergi, hobi dan industri, fanatisme suporter dan profesionalitas manajemen, strategi dan kejutan, adrenalin dan drama, usia muda dan senior, rumput dan teknologi stadion, semuanya menyatu sempurna dalam 90 menit pertandingan sepakbola.


Semua hal berlawanan itu tidak bisa berdiri sendiri, semua hal berlawanan itu justru diperlukan dalam setiap pertandingan sepakbola. Tidak bisa hanya bermodal skill individu, atau semangat berkompetisi, atau hanya menyalurkan hobi, atau hanya bermodal fanatisme ultras suporter. Sepakbola juga tidak akan seru jika strategi tak dibarengi kejutan, adrenalin tidak disertai drama, dan rumput stadion tidak dibarengi teknologi stadion. Semuanya harus menyatu dan melebur di lapangan hijau.


Sepakbola adalah olahraga paradoks, perpaduan sempurna dua sisi yang sangat berlawanan namun hadir berdampingan. 

0 comments:

Posting Komentar