Kamis, 26 Juli 2018

Uniknya Nama Klub Liga Indonesia

Liga Indonesia adalah liga yang sangat unik di dunia. Media media internasional telah banyak memberitakan keunikan liga ini, antara lain sebagai liga paling seru di Asia, liga paling kompetitif dan lain sebagainya. 

Liga Indonesia sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang dan juga unik. Liga ini adalah perpaduan atau unifikasi dari Perserikatan dan Galatama, dua liga pendahulu yang memiliki sifat amat bertolak belakang bak langit dan bumi. Perserikatan adalah liga amatir yang sangat kental fanatisme daerah sementara Galatama adalah liga semi profesional yang dikelola perusahaan perusahaan besar. Ya, Indonesia pernah mengalami masa masa dualisme liga sepakbola dan keduanya berjalan berdampingan, hanya Indonesia yang punya. 

Di era modern ini, kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia bernama Liga 1, dan nama - nama klub di dalamnya sangat berwarna warni. Terdapat empat ( 4 ) jenis nama klub, yaitu yang beratribut Per Per, lalu PS PS, lalu FC FC dan terakhir United United.



Contoh klub beratribut Per Per adalah Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persib Bandung. Lalu yang beratribut PS PS adalah PSMS Medan, PSIS Semarang, PS Barito Putera dan PS Tira. Kemudian yang beratribt FC FC antara lain Arema FC, Bhayangkara FC, Borneo FC dan yang terakhir yang berattribut United United antara lain Bali United dan Madura United.

Itulah salah satu keunikan Liga Indonesia, liga unik penggabungan Perserikatan dan Galatama yang bermetamorfosa dan masih eksis sampai hari ini.

0 comments:

Posting Komentar