Kamis, 26 Juli 2018

Kompetisi Sepakbola Usia Muda Indonesia

Sepakbola adalah olahraga yang dinamis, baik dalam permainan lapangan maupun dalam pengelolaan manajemen. Sepakbola sebagai suatu permainan olahraga juga memerlukan regenerasi para pemainnya. Regenerasi tersebutlah yang selalu menjadi sorotan akan keberhasilan timnas satu negara memenangi turnamen atau kompetisi internasional.

Indonesia sebagai salah satu negara fanatik sepakbola juga tak luput dari hal tersebut. Walaupun sempat bergerak lambat dan dipenuhi konflik berkepanjangan, sepakbola Indonesia juga memikirkan regenerasi para pemainnya. 

Sedikitnya di era modern ini ada empat kompetisi usia muda yang berada di bawah naungan PSSI selaku induk sepakbola tertinggi Indonesia. Empat kompetisi itu adalah Liga 1 U-19, Liga 1 U-16, Piala Soeratin U-17 dan Piala Soeratin U-15. 





Liga 1 U-19 dan Liga 1 U-16 adalah kompetisi usia muda yang diikuti oleh klub klub profesional yang bermain di Liga 1 Indonesia dan kedua kompetisi ini tergolong baru. Sementara itu Piala Soeratin U-17 dan Piala Soeratin U-15`adalah kompetisi usia muda yang diikuti oleh klub klub amatir baik itu perserikatan ataupun non perserikatan dan kedua kompetisi ini tergolong kompetisi lama yang legendaris karena sudah berlangsung semenjak Liga Indonesia masih bernama Perserikatan dan Galatama.

Itulah empat kompetisi usia muda Indonesia, yang hasilnya nanti akan bermuara ke Timnas U-19 dan Timnas U-16 dan kemudian nantinya juga akan bermuara ke Timnas Senior Indonesia.





0 comments:

Posting Komentar