Senin, 30 Juli 2018

MRT Jakarta vs LRT Jabodebek, Sebuah Keunikan ?

Jakarta dan Jabodetabek kini tengah sibuk berbenah dalam hal transportasi. Kemacetan yang kian menghantui menjadi pendorong utama pemerintah Indonesia dalam menggeber revolusi angkutan massal. Kini yang menjadi perbincangan dan dapat dilihat langsung salah satunya adalah pembangunan lintasan LRT dan MRT.

Apa yang menjadi unik ?

Harus kita ketahui bahwa LRT dan MRT memiliki perbedaan salah satunya dalam hal kapasitas angkut. Berikut adalah gambar perbedaan keduanya. 



LRT yang memiliki daya angkut kecil lazim digunakan sebagai transportasi massal dalam kota, sementara MRT yang memiliki daya angkut besar lazim digunakan sebagai transportasi antar kota. Namun di Jabodetabek yang terjadi justru sebaliknya. 

LRT dijadikan transportasi massal antarkota, yaitu Kota Bekasi dan Kota Bogor menuju Jakarta, sementara itu MRT dijadikan transportasi massal dalam kota yang menghubungkan Jakarta Selatan dengan Jakarta Utara. Padahal jumlah penglaju atau komuter dari kota kota sekitar Jakarta sangat besar dan padat. 

Hal inilah yang menjadi keunikan dari Jabodetabek, sesuatu yang diluar kelaziman umum karena di kota - kota besar luar negeri moda MRT digunakan sebagai transportasi antarkota dan LRT digunakan sebagai transportasi dalam kota.

0 comments:

Posting Komentar