Senin, 06 Juni 2016

Safety in Daily Activity

Pernahkah kita dalam satu hari menginginkan satu kejadian buruk menimpa kita ? Tentu ini satu pertanyaan yang cukup konyol. Namun jika kita memiliki kebiasaan yang sembrono, boleh jadi kejadian buruk itu akan benar – benar menimpa kita.

Ya, keselamatan merupakan satu kebutuhan penting bagi setiap orang.  Di tiap kegiatan kita, dimana pun itu dan apapun itu, keselamatan merupakan landasan utama bagi keberlangsungan aktivitas kita.  Lawan kata dari keselamatan adalah ketidakamanan, suatu kondisi dimana kita merasa terancam dan juga tidak nyaman. Kegiatan apapun akan amat tidak enak dilakukan jika berada dalam kondisi tersebut.




Padahal, kegiatan harian kita amat bervariasi, baik jenis maupun tempat. Di rumah, di jalan, di tempat kerja, di tempat hiburan, semua menuntut satu aspek keselamatan yang tidak dapat ditawar. Kita tidak akan pernah mengetahui pasti kapan risiko dan bahaya di masing - masing kegiatan itu akan menimpa kita.

Jika kita memang menginginkan keselamatan selalu menyertai kita, maka lakukanlah hal – hal yang membuat kita terhindar dari berbagai potensi bahaya yang mengancam keselamatan kita. Hal – hal tersebut dapat dilakukan dengan cara seperti mempertebal kesadaran mengenai bahaya dan risiko di sekitar kita, mengetahui cara menghadapinya, serta mematuhi aturan – aturan yang telah dibuat.

Jika hal – hal itu secara kontinu kita lakukan, maka akan muncul satu budaya keselamatan, budaya safety, satu mekanisme yang menuntun kita untuk selalu melakukan hal – hal didalam batas koridor keselamatan dan tidak melanggarnya. Budaya inilah yang menjadi urat nadi perlindungan kita terhadap bahaya – bahaya harian di sekitar kita.

Selamat beraktivitas, junjung tinggi budaya keselamatan!

0 comments:

Posting Komentar